Senin, 25 Oktober 2010

Apakah studi sosial itu?

Studi Sosial salah satu mata kuliah pokok pada jurusan PMPkn.Apakah STUDI SOSIAL itu?Studi sosial adalah study mengenai interelasi ilmu-ilmu sosial dalam menelaah gejala dan masalah sosial yang terjadi di masyarakat.
sedangkan yang dimaksud gejala sosial adalah gejala yang terjadi di masyarakat yang ditimbulkan adanya kondisi peristiwa tingkah laku manusia sebagai makhluk sosial.gejala sosial masih bisa diatasi sedangkan masalah sosial sukar untuk diatasi.Masalah sosial adalah ketidaksesuaian antar unsur-unsur dalam kebudayaan atau menghambat terpenuhinya keinginan-keinginan pokok para wargakelompok sosial sehingga menyebabkan rusaknya ikatan sosial.
Alfin Tofler mengemukakan teori future schok atau goncangan sosial dimasa depan.Mengapa terjadi Future shcok?Future shcok terjadi karena dimasa yang akan datang interaksi manusia akan semakin berkembang,tekhnologi semakin berkembang pesat,berkembangnya ilmu pengetahuan,globalisasi dan universalisme yang kesemua alasan tadi dapat menimbulkan masalah yang kompleks jika masyarakat atau manusia tidak memiliki kesiapan mental,spiritual dan intelektual dalam menghadapi perkembangan - perkembangan tadi.
Dipelajarinya studi sosial dikarenakan studi sosial merupakan interelasi ilmu-ilmu sosial dimana masalah yang kompleks tidak dapat diselesaikan dengan salah satu ilmu saja melainkan harus dengan beberapa ilmu sosial karena masalah sosial merupakan masalah yang kompleks yang kemungkinan sudah membentuk system of problem maka dari itu diharapkan dengan dipelajarinya studi sosial mampu mengatasi masalah sosial.

1 komentar:

  1. MicroTouch Titanium Trimmer - 3-D Printed Gaming Glass
    MicroTouch Titanium titanium bolt Trimmer offers titanium bmx frame a custom and comfortable design that adds a touch to a men\'s titanium wedding bands casino. The design is inspired by the Micro  2019 ford fusion hybrid titanium Rating: 5 · ‎4 reviews

    BalasHapus